www.batangtoru.org | Our Staff
17441
page-template,page-template-full_width,page-template-full_width-php,page,page-id-17441,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode-theme-ver-10.0,wpb-js-composer js-comp-ver-4.12,vc_responsive

Our Staff

Burhanuddin atau A’an

Manager Harian Program Batang Toru

Burhanuddin, lahir di Medan pada tanggal 13 February 1962, Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Sumatera Utara, kemudian menyelesaikan pendidikan S2 Ilmu Studi Pembangunan tahun 2007 di Universitas Sumatera Utara. Mengawali kerja pada bidang konservasi pada waktu bergabung dengan World Wide Fund For Nature (WWF). Pernah bergabung dengan beberapa lembaga konservasi; Yayasan Leuser Internasional, yayasan Pusaka Indonesia, dan Yayasan Gajah Sumatera hingga hingga tahun 2014. Mulai bergabung dengan Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) sejak tahun 2015, sebagai Kordinator Harian Program Pelestarian Harangan Tapanuli/Hutan Batang Toru.Tugas pokoknya adalah memastikan kegiatan konservasi yang dilaksanakan oleh YEL dapat berjalan dengan baik di wilayah program.

Erita Lorenta Sinaga

Administrasi dan Keuangan

Erita bergabung di Tapanuli pada tahun 2011. Erita menangani pekerjaan administrasi dan keuangan untuk program di Tapanuli, maupun pengurusan logistik untuk tim di hutan, membantu tim pendidikan dan beragam hal lain.

Friska Hutasoit

Koordinator Sosialisasi dan Staff Pendidikan Lingkungan Hidup

Friska bergabung dengan tim YEL di Tapanuli akhir tahun 2012. Fokus Friska adalah peningkatan penyadartahuan masyarakat khususnya yang tinggal berbatasan langsung dengan hutan dan melakukan penyuluhan ke kaum muda/anak sekolah di pinggir hutan.

Andri Sitompul

Staff Pendidikan dan Sosialisasi

Andri Manofo Sitompul, lahir pada tanggal 4 maret 1986 di Tapanuli Tengah, adalah serjana pendidikan Agama Islam dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Sibolga, lulus pada tahun 2010 dan bergabung di Instansi Pemerintah sebagai Tenaga Honorer selama 6 tahun di sekolah SD terpencil sampai 2015. Pada akhir 2016 bergabung dengan YEL dan mulai tahun 2017 sebagai staff di program pendidkan dan sosialisasi dengan fokus di sekolah SD dan SMP yang berdekatan dengan hutan, terutama di Tapanuli Tengah.

Risma Uli Sitompul

Juru Masak

Bergabung dengan tim YEL untuk program konservasi hutan Tapanuli pada Agustus 2013. Saya bertanggung jawab terhadap kebersihan dan makanan untuk seluruh staff YEL di kantor/mess di Pandan, membantu belanja logistik, dan juga bersedia ikut dalam kegiatan YEL sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Sebagai seorang ibu yang bertempat-tinggal dekat dengan kantor/mess, saya juga ikut berbaur dengan masyarakat di lingkungan sekitar kantor/mess. Pesan saya adalah: kurangi penggunaan kantong plastik demi bumi kita tercinta!

Daniel Kristian Novel Siahaan

Driver

Saya pemuda asli dari Tapanuli Tengah dan bergabung dengan tim YEL untuk program konservasi hutan Tapanuli pada Februari 2014. Tugas utama saya adalah dalam hal perawatan maupun penggunaan mobil dan sepeda motor (kendaraan operasional). Saya membantu mengantarkan logistik untuk stasiun penelitian sampai kampung terakhir di dekat hutan, antar-jemput staff maupun tamu-tamu YEL, dan juga ikut membantu hal-hal teknis lainnya ketika rekan-rekan saya mengadakan kegiatan seperti misalnya sosialisasi di sekolah maupun di masyarakat. Pesan saya, efektifkan penggunaan kendaraan bermotor untuk mengurangi polusi udara!

Ulil Amri Silitonga

Assisten Penelitian

Ulil berasal dari kampung Anggoli dan telah ikut di hutan sejak 2011. Sebelumnya bapaknya juga membantu program monitoring flora dan fauna di hutan. Sebagai assisten penelitian Ulil bertanggung jawab dalam pengambilan data di lapangan, terutama observasi orangutan dan fenologi pohon. Ulil juga bertanggung jawab dalam membantu kegiatan konservasi lainnya.

Dosmartua Sitompul aka Dosman

Assisten Penelitian

Dosman juga berasal dari kampung Haramonting dekat hutan. Sebagai assisten penelitian Dosman bertanggung jawab dalam pengambilan data di lapangan, terutama observasi orangutan dan fenologi pohon. Dosman juga bertanggung jawab dalam membantu kegiatan konservasi lainnya dan dia mulai bantu di hutan pada waktu ada peneliti kelelawar.

Nursaniah

Tim Survei Biodiversitas

Nursaniah, lahir pada 25 Desember 1992 di Natal, Sumatera Utara adalah sarjana biologi dari Universitas Sumatera Utara. Selama menjadi mahasiswa aktif di organisasi kampus seperti Biologi Pecinta Alam dan Studi Lingkungan Hidup (BIOPALAS), HIMABIO, dan organisasi luar kampus seperti Tiger Heart Medan. Pada tahun 2014 lalu melakukan penelitian Nepenthes di Kawasan Hutan Batang Toru Blok Barat. Pada akhir 2015 hingga sekarang bergabung dengan YEL (Program Batang Toru) sebagai tim survei biodiversitas (fokus tumbuhan unik).

Dewi Kurnia Arianda

Tim Survei Biodiversitas

Dewi Kurnia Arianda, lahir pada tanggal 1 Maret 1992 di Palembang, Sumatera Selatan adalah sarjana biologi dari Universitas Sumatera Utara. Pada tahun 2014 lalu melakukan penelitian Anggrek di Kawasan Hutan Batang Toru Blok Barat. Pada akhir 2015 hingga sekarang bergabung dengan YEL (Progam Batang Toru) sebagai tim survei biodiversitas (fokus tumbuhan anggrek).

Eka Siswiyati

Tim Survei Biodiversitas

Eka Siswiyati, lahir pada 17 Agustus 1991 di Galang, Sumatera Utara adalah seorang sarjana biologi dari Universitas Sumatera Utara. Selama menjadi mahasiswa aktif di beberapa organisasi kampus seperti Biologi Pecinta Alam dan Studi Lingkungan Hidup (BIOPALAS) dan IPKB, juga aktif sebagai relawan di Tiger Heart. Tahun 2014 bekerja sama dengan YEL melakukan penelitian mengenai Ficus di Kawasan Hutan Batang Toru Blok Barat guna menyelesaikan tugas akhir skripsi. Sejak akhir 2015 hingga sekarang bergabung dengan Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) program Batang Toru sebagai Tim Survei Biodiversitas (fokus pada Ficus).